#NavbarMenu{background:#000000; width:960px; height:32px; color:#5A6C8C; margin:0 auto; padding:0 5px; font:bold 8px Arial, Tahoma, Verdana; border-top:1px solid #666; border-bottom:1px solid #666;} #NavbarMenuleft{width:700px; float:left; margin:0; padding:0;} #search{width:240px; font-size:11px; float:right; margin:0; padding:0;} #nav{margin:0; padding:0;} #nav ul{float:left; list-style:none; margin:0; padding:0;} #nav li{list-style:none; margin:0; padding:0; text-shadow:1px 1px 1px #000;} #nav li a, #nav li a:link, #nav li a:visited{color:#fff; display:block; text-transform:uppercase; margin:0; padding:9px 15px 9px; font:bold 11px Arial, Times New Roman;} #nav li a:hover, #nav li a:active{background:#4a4d4c; color:#fff; padding:9px 15px 9px; text-decoration:none;} #nav li li a, #nav li li a:link, #nav li li a:visited{background:#000000; width:150px; color:#e5e3e3; text-transform:capitalize; float:none; margin:0; padding:3px 10px; border-bottom:1px solid #151f23; border-left:px solid #151f23; border-right:2px solid #151f23; font:normal 14px Georgia, Times New Roman;} #nav li li a:hover, #nav li li a:active{background:#4a4d4c; color:#fff; padding:3px 10px;} #nav li{float:left; padding:0;} #nav li ul{z-index:9999; position:absolute; left:-999em; height:auto; width:170px; margin:0; padding:0;} #nav li ul a{width:140px;} #nav li ul ul{margin:-24px 0 0 170px;} #nav li:hover ul ul, #nav li:hover ul ul ul, #nav li.sfhover ul ul, #nav li.sfhover ul ul ul{left:-999em;} #nav li:hover ul, #nav li li:hover ul, #nav li li li:hover ul, #nav li.sfhover ul, #nav li li.sfhover ul, #nav li li li.sfhover ul{left:auto;} #nav li:hover, #nav li.sfhover{position:static;} #searchbox{padding:0; margin:0;} #search input{background:#fff; color:#000; float:left ;margin:5px 0 0 10px; width:168px; padding:3px 7px; border:1px solid #cdcdcd; font:normal 11px arial, verdana, Times New Roman;} #search .btn{background:#333; color:#fff; font-size:11px; margin:5px 0 0 3px; padding:2px; width:30px; cursor:pointer; border-left:1px solid #666; border-top:1px solid #666; border-right:2px solid #111; border-bottom:2px solid #111;} #top{background:#f6f6f6; margin:10px auto 0; padding:10px; width:918px; border:1px solid #ccc; word-wrap: break-word; overflow: hidden; font-size:13px;} #top a, #top a:visited{font-weight: normal; color: #00338F; text-decoration: none;} #top a:hover{color:#cc0000; text-decoration: underline;} #top p {font-size: 14px; font-weight: bold; padding: 0; margin: 0;} .topleft {width: 304px; float: left; margin: 0; padding:0;} .topleft img a, .topleft img {border:1px solid #ccc; margin: 0; padding: 1px;} .topright {width: 600px; float: right; margin:0; padding:0; text-transform: normal;}

Selasa, 15 Juli 2014

Yaaa,,itu guru



Guru berasal dari bahasa Sanskerta berarti guru, tetapi secara harfiah artinya "berat". Dilihat secara harfiah, menurut saya  “berat” disini merujuk pada tanggung jawabnya. Seorang guru berkewajiban mendidik peserta didik, mengarahkan dan juga menyampaikan materi secara benar. Bahkan dalam Islam dijelaskan ketika seseorang menyampaikan sesuatu yang salah dan kesalahan tersebut dilakukuan secara terus menerus oleh penerima materi, maka bertambahlah terus dosa pemberi materi itu. Itulah yang menurut saya menjadikan bagian bahwa tanggung seorang guru sangatlah berat.
Guru sebagai Pahlawan tanpa tanda jasa ini memberikan kontribusi yang sangat besar bagi generasi penerus bangsa sebagai pemegang estafet keberlangsungan hidup. Guru mendidik dan mengarahkan siswa- siswinya untuk mempraktikkan pola pikir dan pola sikap yang baik. Apabila terdapat beberapa siswanya yang tidak mampu dalam menyelesaikan masalah, maka Guru akan senatiasa berjuang dengan sekuat tenaganya agar peserta didik dapat memahami dan menyelesaikan setiap permasalahan tersebut. Guru akan mencari seribu cara untuk mencetak lulusan yang bermutu dan tepat waktu.
Guru sering diartikan sebagai seorang yang patut digugu dan ditiru. Digugu dalam istilah Jawa mengandung arti mempunyai tanggung jawab yang berat dalam tiap bertutur kata,yang apabila disalahgunakan akan memberikan dampak yang tidak baik, baik untuk peserta didik maupun guru itu sendiri. Kepercayaan masyarakat atas seorang guru menjadikan menjadikan guru sebagai seorang yang menjadi penentu dalam tiap perkembangan dalam kebaikan. Sedangkan ditiru mempunyai arti bahwa setiap tingkah  laku yang dilakukan seorang guru menjadi panutan yang membawa kebaikan . Pola prilaku seorang guru menjadi sorotan masyarakat mulai dari cara berpakaian, kebiasaan, etika atau adab yang dimiliki dan diguanakan seorang guru. Guru menjadi contoh kebaikan yang nyata dengan didasari ilmu- ilmu pengetahuan yang dimiliki kemudian dituangkan dalam kehidupan sehari- hari. Hal seperti itulah yang menjadikan seorang guru patut untuk dtiru segala tingkah lakunya. Akan tetapi, apakan semua guru di masa sekarang patut untuk digugu dan ditiru? Akhir – akhir ini berita tentang kejahatan seorang guru, kebiadaban seorang guru dan ketiakmoralan seorang guru sering tampil dalam berita di layar televisi. Semakin banyaknya berita yang tampil mencerminakan semakin banyaknya tindakan – tinadakan guru yang tidak patut dilakukan.
Adapun contoh tindakan – tindakan bejat guru yang sering muncul dalam berita yaitu seorang guru mensodomi siswanya, guru mengkonsumsi sabu, guru meghukum siswa diluar batas dan masih banyak lagi. Guru yang hanya minim akan niat untuk mendidik terlampaui banyak,sehingga kejadian seperti itu sekarang kerap terjadi. Universitas yang mencetak seorang guru, harusnya mampu meluluskan calon - calon guru yang berbudi luhur, berakhlak mulia dan tidak hanya lulus dengan nilai yang membanggakan. Kebanyakan sekarang ini banyak lulusan yang tidak begitu mementingkan calon guru lulus dengan akhlak mulia.  Penanaman akhlak mulia tidak bisa dilakukan secara mendadak, melainkan harus ditanamkan sejak dini dan harus diniati dalam hati. Pemberian mata kuliah umum seperti pendidikan agama, pendidikan kewarganegaraan serta pendidikan lingkungan hidup belum mampu menjadikan mahasiswa atau calon guru menjadi seorang yang berbudi luhur, perlu diniati dalam hati untuk mempersiapkan diri sebagai seorang guru yang tidak hanya mengambil keuntungan dari sertifikasi.                                             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar